-->

Cara Menghasilkan Dolar Dari Jual Foto Di Internet


Dolar Dari Jual Foto Di Internet



Cara Menghasilkan Dolar Dari Jual Foto Di Internet - Semakin maju teknologi, semakin memudahkan berbagai urusan manusia, termasuk urusan pendapatan. Misalnya, seiring berjalannya waktu, fotografer semakin mudah menjual karyanya melalui berbagai platform yang tersedia. 

Ada beberapa cara menjual foto di internet yang bisa Anda pelajari jika ingin mencobanya. Anda tidak perlu khawatir karena cara Jual Foto Di Internet ini juga tidak terlalu sulit. Pada awalnya, Anda mungkin merasa sedikit bingung. Namun, jika sudah terbiasa, Anda akan mudah mendapatkan penghasilan.

Cara Menghasilkan Dolar Dari Jual Foto Di Internet


Mengetahui cara menjual foto di internet tidak cukup bagi seseorang yang ingin mendapatkan Dolar dari pekerjaannya. Sebelum itu, Anda perlu mempelajari langkah-langkah untuk menghasilkan foto berkualitas baik agar peluang Anda diterima lebih besar. Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya, silahkan langsung simak penjelasannya berikut ini.

Tentukan Niche Fotografi


Sebagai seorang fotografer, Anda harus memiliki spesialisasi atau niche untuk menarik calon pelanggan. Namun, jika Anda belum memutuskan, cobalah bereksperimen. 


Anda dapat mencoba berbagai gaya fotografi atau melakukan pencarian kata kunci untuk menganalisis volume pencarian. 

Secara umum, Anda dapat mengambil foto orang atau gaya candid sebagai gaya yang dianggap paling laris.

Jangkau Audiens


Sama seperti menjual merchandise fisik, Anda juga perlu memperluas jangkauan audiens Anda untuk menghasilkan prospek yang lebih baik. Anda bisa mulai merapikan feed atau timeline di media sosial untuk menunjukkan profesionalisme. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat profil baru untuk menampilkan karya Anda. Jangan lupa untuk menggunakan hashtag untuk meningkatkan visibilitas. Soal media, Anda bisa membuatnya di berbagai tempat, seperti Instagram, Facebook, Tumblr, Pinterest, Twitter, dan LinkedIn.

Jenis dan Resolusi File Harus Cocok


Hal penting yang perlu Anda perhatikan saat ingin menjual foto adalah kesesuaian jenis file dan resolusinya. Misalnya, platform Shutterstock memiliki ketentuan bahwa foto yang diunggah pengguna harus memiliki resolusi minimal 4 megapiksel. 


Untuk jenis file, platform ini memiliki persyaratan berupa format jepeg, vektor, dan eps. Sedangkan untuk file vektor, pengguna hanya perlu mengupload file .eps saja.

Kualitas Foto Bagus


Kualitas foto yang akan dijual juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Artinya, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas, antara lain pencahayaan, fokus foto, dan noise yang dihasilkan. Semakin baik kualitasnya, semakin besar kemungkinan foto tersebut diterima.

Rekomendasi Website Jual Foto Terbaik


Can Stock Photo 


Can Stock Photo berfokus pada kemudahan penggunaan dan juga komisi yang sangat adil. Secara umum, Anda bisa mendapatkan 50% dari keuntungan penjualan, tetapi ini dapat berubah tergantung pada model langganan pengguna. Situs web ini cukup selektif. Untuk menentukan apakah Anda dapat menjual di situs ini, Anda harus mengirimkan 3 foto terbaik Anda terlebih dahulu. 

Dan begitu Anda diterima sebagai anggota, Anda akan bersaing dengan 70.000 fotografer lainnya. Situs web ini juga menawarkan program rujukan. Melalui program ini, Anda dapat mengantongi 5 dolar untuk setiap 50 foto yang terjual dari fotografer yang Anda referensikan.

Getty Images 


Getty Images bisa juga dikatakan sebagai platform stok foto yang menawarkan kualitas terbaik saat ini di internet. Platform ini sangat cocok untuk klien yang menginginkan foto dengan kualitas terbaik, hak eksklusif atas gambar kustom, dan bersedia membayar lebih untuk foto yang mereka butuhkan. 

Karena banyak klien Getty Images adalah jurnalis, publikasi berita, dan perusahaan media besar, Anda dapat yakin bahwa foto-foto yang ditawarkan berkualitas tinggi. Tapi, jangan heran jika harganya juga cukup tinggi.

Dreamstime 


Di Dreamstime, Anda bisa menemukan berbagai jenis foto, mulai dari foto berkualitas tinggi oleh fotografer profesional hingga jepretan kamera smartphone. Platform ini adalah penyedia utama foto untuk Google Ads. Karena itulah peminat foto yang Anda jual di sini akan sangat beragam. 


Dreamstime memiliki beberapa batasan untuk orang yang menjual foto secara online di situs web ini, tetapi memungkinkan Anda untuk mendapatkan hingga 12 dolar per lisensi foto. Apalagi jika foto Anda eksklusif untuk Dreamstime, keuntungannya bisa lebih tinggi lagi.

500px


500px tidak hanya dirancang sebagai situs stok foto, tetapi juga tempat pertemuan komunitas fotografer profesional. Selain mengunggah dan menjual foto, Anda juga dapat mengikuti fotografer lain, berpartisipasi dalam diskusi tentang fotografi, dan memenangkan hadiah dari kompetisi Photo Quest. 

Anda akan menerima komisi 30% untuk foto non-eksklusif yang Anda unggah dan komisi 60% untuk foto eksklusif untuk 500px.

Alamy 


Dengan harga lisensi mulai dari $19,99, Alamy adalah salah satu situs stok foto yang mengikuti strategi “volume melebihi nilai” untuk menjual foto secara online. Sementara foto berkualitas DSLR lebih diterima, Alamy juga mengklaim "menerima semua foto yang Anda miliki" dan dikenal menerima bidikan kamera iPhone. 


Platform ini memiliki sedikit persyaratan konten, dasbor yang mudah digunakan, dan opsi untuk mengunggah gambar, video, dan seni vektor.

Stok Adobe


Adobe mempunyai banyak produk untuk desain grafis seperti Photoshop, Lightroom, dan juga Bridge. Maka wajar jika perusahaan ini memiliki layanan stock photo sendiri yaitu Adobe Stock. Karena siapa pun yang memiliki ID Adobe dapat mengakses stok foto di situs web ini dan mengunggahnya langsung ke produk Adobe lainnya, foto yang Anda unggah pasti memiliki penonton. 

Selain karya fotografi, Adobe Stock juga dapat menerima gambar vektor, ilustrasi, dan juga video.

Shutterstock


Shutterstock sangat cocok untuk pemula karena menyediakan gambar non-eksklusif dengan nilai lebih rendah yang cocok untuk digunakan sebagai stok foto. Seringkali fotografer mengunggah banyak foto mereka di situs web untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan. 

Karena komisi hanya antara 20-30%, penghasilan Anda tergantung pada jumlah foto yang terjual. Meski begitu, platform ini sangat umum digunakan dengan lebih dari 180 juta gambar, video, vektor, atau bahkan musik.

Foap 


Foap memiliki pendekatan yang berbeda dari kebanyakan platform stok foto yang tercantum dalam artikel ini. Alih-alih mencari foto DSLR berkualitas tinggi, platform ini mendorong fotografer amatir untuk mengunggah dan menjual gambar dari kamera iOS atau Android mereka. 

Meskipun lebih kecil dari platform lain, kemudahan akses dan tingkat komisi 50% yang relatif tinggi dapat menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan, terutama jika Anda baru di bisnis ini. Foap juga dapat mengirim foto ke Getty, Adobe, dan Alamy sehingga Anda dapat mengakses 4 platform sekaligus dari satu tempat.

Baca Juga:

Visual Society 


Jika Anda ingin mendapatkan 100% keuntungan dari penjualan foto Anda secara online, Visual Society bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Alih-alih meminta Anda untuk membagikan hingga 80% dari penjualan, platform ini akan memastikan Anda menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin. 

Visual Society juga memberikan kemudahan bagi para fotografer di dalamnya untuk membuat merchandise menggunakan gambar mereka sendiri seperti cetakan kanvas, buku, kacamata, dan casing smartphone. Platform ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghasilkan Dolar dengan menjual foto, dengan harga per foto yang lebih tinggi. 

Demikian ulasan tentang, Cara Menghasilkan Dolar Dari Jual Foto Di Internet. Sebetulnya masih banyak website lain yang mendatangkan cuan dari jualan foto hasil bidikan kamera secara online. Jika Anda memiliki minat di bidang fotografi, ini adalah peluang yang harus diambil. 

Labels: Bisnis Online, Ide Bisnis

Thanks for reading Cara Menghasilkan Dolar Dari Jual Foto Di Internet. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Menghasilkan Dolar Dari Jual Foto Di Internet"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.